PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARD (IFRS)
(Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi STIE PPI
Abstrak
Penerapan IFRS (International Financial Reporting Standard) berdampak luas
terhadap pengembangan akuntansi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap IFRS berdasarkan
faktor kecerdasan emosional dan minat, sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah mahasiswa akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Perdana Indonesia
(STIE PPI) tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 51
kuesioner. Data yang diolah dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas,
uji reliabilitas, uji t parsial, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan
program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kecerdasan emosional
tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman IFRS dan variabel minat
berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mahasiswa mengenai IFRS.
Kata Kunci : IFRS, Kecerdasan Emosional, Minat