PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA MAHASISWA STIE PPI TANGERANG TAHUN AKADEMIK 2018/2019
Kata Kunci:
KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, KEPUTUSAN PEMBELIANAbstrak
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of product quality and brand image on the decision to buy a Honda motorbike, by taking a sample of research by students of the PPI College of Economics, Tangerang Academic Year 2018/2019.
Based on data obtained from 100 students, it can be seen that the results of the t test and F test at α = 0.05. The results of the t test prove that Product Quality has a very significant effect on Purchasing Decisions with a value of 40.6%. Brand Image has a very significant effect on Purchasing Decisions with a value of 43.1%. The F test results prove that the Product Quality and Brand Image simultaneously have a very significant effect on Purchasing Decisions with a value of 59.2% while the remaining 41.8% is influenced by other factors not included in this study.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas Produk dan Brand Image terhadap Kepeutusan Pembelian Motor Honda, dengan mengambil sampel penelitian mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PPI, Tangerang Tahun Akademik 2018/2019.
Berdasarkan data yang diperoleh dari 100 orang mahasiswa, dapat diketahui bahwa hasil uji t dan uji F pada α = 0,05. Hasil uji t membuktikan bahwa Kualitas Produk berpengaruh sangat signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai 40,6%. Brand Image berpengaruh sangat signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai 43,1%. Hasil uji F membuktikan secara simultan Kualitas Produk dan Brand Image berpengaruh sangat signifikan terhadap Keputusn Pembelian dengan nilai 59,2% sedangkan 41,8% sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Referensi
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS Edisi ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
____________. 2012. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
____________, 2015, Marketing and Introducing Printice Hall twelfth Edition, England, Pearson Education, Inc.
____________, 2014, Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
____________. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Penerbit Erlangga. Alih Bahasa Bob Sabran, M. M. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Rangkuti, Freddy. 2002, Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung. PT Refika Aditama.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi). Bandung, Alfabeta
_________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Andi.