ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL BERDASARKAN MARK UP TERHADAP PERKIRAAN VOLUME PENJUALAN JASA SEWA GEDUNG GRAHA BINAKARSA PADA PT. BINAKARSA SWADAYA
Kata Kunci:
Harga Jual, Mark up, Perkiraan PenjualanAbstrak
Abstrak
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga jual berdasarkan Mark up yang ditetapkan perusahaan. Selain itu, penulis juga ingin mengetahui seberapa erat hubungan antara penetapan harga jual berdasarkan Mark up terhadap perkiraan volume penjualan jasa sewa gedung Graha Binakarsa pada PT. Binakarsa Swadaya dan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan volume penjualan yang dicapai perusahaan. Dalam menentukan harga jual, perusahaan menetapkan Mark up sebesar 20 % dari total biaya produksi yang dikeluarkan sehingga rumusnya adalah : Harga Jual = (Biaya Pokok + (20 % x Biaya Pokok)). Untuk mengetahui berapa paket yang dipesan di tahun yang akan datang dengan menggunakan analisis trend sehingga PT. Binakarsa Swadaya dapat mengetahui volume penjualan jasa sewa gedung Graha Binakarsa pada tahun yang akan datang.
Untuk menetapkan harga jual berdasarkan Mark up, biasanya dilakukan dengan cara menambahkan persentase tertentu yang merupakan keuntungan perusahaan. Dalam menetapkan harga, perusahaan juga memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendorong peningkatan penjualan seperti : peningkatan pelayanan kepada konsumen, promosi penjualan dan sebagainya. Dengan langkah yang dilaksanakan perusahaan, maka diharapkan dapat mendorong pencapaian penjualan secara maksimal. Selain ketepatan dalam menghitung harga jual, perusahaan juga harus mampu menekan biaya-biaya yang dikeluarkan sehingga dapat menekan harga jual produk Adapun cara yang dapat ditempuh perusahaan untuk menekan biaya yang dikeluarkan antara lain: meningkatkan efisiensi pekerjaan, memperpendek rantai distribusi dan sebagainya.
Kata Kunci : Harga Jual, Mark up, Perkiraan Penjualan
Referensi
Arif Isnaini. 2005. Model dan Strategi Pemasaran. NTP PRESS. Mataram.
Basu Swastha, Drs dan Irawan, Drs. 2008. Manajemen Pasar Modern. Liberty. Yogyakarta.
Buchari Alma, Dr. 1999. Pengantar Bisnis. Alfabeta. Bandung.
C.M. Lingga Purnama, MM. 2006. Strategic Marketing Plan. PT. Gramedia Pusaka Utama. Jakarta.
Griffin,R.W. dan Ebert, R.J. 2008. Bisnis. Edina C. Tarmidzi (Terj.). PT. Indeks. Jakarta.
Kamarudin Ahmad. 2005. Akuntansi Manajemen ( Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan). PT. Raja Grasindo Persada. Jakarta
Karhi Nisjar S., Drs., Ak., MM. 2005. Sistem-sistem Informasi Pemasaran. CV Mandar Maju. Bandung
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. Ancella Anitawati Hermawan, SE, M.B.A (Terj). Salemba Empat. Jakarta.
Kotler & Amstrong. 1999. Dasar Pemasaran. Wilhelmus W. Bakowatun, SE (Terj.). CV. Intermedia. Jakarta.
Lili M. Sadeli, Drs dan Bedjo Siswanto, Drs . 2006. Akuntansi Manajemen. Sinar Grafika Offset. Jakarta.
Manulang, M. 2007. Dasar-Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Mulyadi. 2006. Akuntansi Manajemen ( Konsep, Manfaat & Rekayasa ). Salemba Empat. Jakarta.
Samryn, L.M. 2006. Akuntansi Manajerial. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Siegel, J.G. Dan Shim, J.K. 2005. Kamus Istilah Akuntansi. Gramedia. Jakarta.
Simamora, Henry. 2007. Akuntansi Manajemen. (Edisi II). UPP AMP YKPN.
Simangunsong, A.O, Drs. 2008. Dasar-dasar Akuntansi Keuangan. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.
Soemarso S.R. 2007. Akuntansi : Suatu Pengantar. Salemba Empat. Jakarta.
Sony Koeswara, SM, MSIE. 2006. Pemasaran Industri. Djambatan. Jakarta.
Tim Dosen STIE-M. Buku Panduan Skripsi. STIEM Tangerang Press. Tangerang.
Yayat M. Harujito. 2006. Dasar-dasar Manajemen. PT. Grasindo. Jakarta