PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RETURN ON ASSETS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

(PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2020)

Penulis

  • ATIKA PURANAMASARI, S.E., M.AK. STIE Putra Perdana Indonesia

Kata Kunci:

Corporate Social Responsibility, Return On Asset (ROA), Firm Value

Abstrak

ABSTRACT

This study aims to test whether corporate social responsibility and return on assets have an effect on firm value and whether return on assets can moderate the relationship between corporate social responsibility and firm value in the food and beverage sub sector manufacturing companies listed on the indonesia stock exchange, 2017-2020. This study uses quantitative methods with secondary data in the form of financial reports obtained from the indonesia stock exchange website (www.idx.co.id). The sampling technique uses the purposive sampling method with a total population of 30 food and beverages sub-sector companies listed on the indonesia stock exchange during the 2017-2020 period and obtained a sample of 14 companies. The data analysis technique used is multiple linear regression with the help of the statistical package for the social science (spss) 25 program. Based on the results of the study, partially corporate social responsibility as measured by GRI-G3 has a significant effect on firm value, profitability as measured by return on assets (roa) have a significant negative effect on company value, and return on assets is able to moderate the relationship between corporate social responsibility and company value.

Referensi

Agustina, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Anggraini, F. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX, 23–26. Corporate Social Responsibility Perbankan. Jurnal Ekonomi.

Dzikir, A. N., Syahnur, & Tenriwaru. (2020, Agustus). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). 03 No. 02.

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016, Juni). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal InFestasi, Vol. 12, No.1, 1 - 19.

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016, Juni). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal InFestasi, Vol. 12, No.1, 1 - 19.

Hutabarat, A. C., & Siswantaya, D. I. 2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi.

Kalsum, U. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsbility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012- 2015). Skripsi, 1–69.

Kamil, Ahmad, & Antonius, H. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi, 2(1), 1–17.

Karundeng, F., Nangoi, G. B., & Karamoy, H. (2017). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas , Kepemilikan Manajemen , dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi ( Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yangTerdaftar di Bursa Efek Indonesia, 1–10.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profibilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Lestari, H. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi, 4(12), 1–19.

Lestari, H. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi, 4(12), 1–19.

Mandasari, P., Kamaliah, & Hanif, R. (2013). The Influence Of Corporate Social Responsibility To Firm Value with Profitability and Leverage As A Moderating Variable ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei Tahun 2010-2012 ). Jurnal Ekonomi, 21, 1–20.

Nurlela, & Islahudin. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi, XI(3), 23–26.

Oktaviami, R., & Nugroho, P. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014), 1–12.

Panjaitan, M. J. (2015). Pengaruh Tanggungjawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening dan Moderating, VI(1), 54–81.

Permanasari, W. I. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institudional, dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Rahardjo, S., K, D. A., & Mangoting, Y. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Financial Performance dengan Tax Avoidance dan Earning Management sebagai Variabel Mediasi. Petra Business & Management Review, Vol. 5 No.1.

Ramona, S. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating, 1–14.

Rokhlinasari, S. (2016). Teori-Teori dalam Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility Perbankan. Jurnal Ekonomi.

Saedah, Z. (2015). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode Tahun 2011-2013), 1–13.

Sigalingging, E. D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja Lingkungan, dan Persentase Kepemilikan Manajemen Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Vol 4, No 2.

Tenriwaru, & Nasaruddin, F. (2020, Februari). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Vol. 3 No.01 .

Wahyuni, S. F. (2018, September). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol. 1, No.1.

Wulandari, R., DN, S. W., & Yunanto, A. (2020). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 22 No 2.

Wulandari, R., DN, S. W., & Yunanto, A. (2020). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 22 No 2.

Y, F. F., & Amanah, L. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

File Tambahan

Diterbitkan

27-02-2023

Terbitan

Bagian

Artikel