MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME MELALUI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN: BUKTI EMPIRIS
Abstrak
Hasil uji parsial untuk Variabel Harga (X1) diperoleh thitung = 5,694 lebih besar dari ttabel 1,984 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga Hipotesis 1 telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada Harga (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan Uji parsial untuk Variabel Kualitas Pelayanan (X2) diperoleh thitung = 4,684 lebih besar dari ttabel 1,984 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga Hipotesis 2 telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil Uji ANOVA atau Uji F diperoleh Nilai Fhitung sebesar 28,653 dimana lebih besar dari nilai Ftabel 1.39 dan Sig. (p) = 0,000. Dimana p < 0,01. Ho : ditolak dan Ha : diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 3 telah terbukti terdapat pengaruh dari Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Dapat diketahui bahwa Pelanggan Indihome dipengaruhi oleh Harga dan Kualitas Pelayanan sebesar 37,1%. Sementara sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang diperkirakan sebagai indikasi yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Referensi
Andreani, Francisca, Tan Lucy Taniaji, 2012. “The Impact of Brand Image Towards Loyality with Satisfaction as A Mediator in Mc Donald’S”.
Jurnal Manajemen dan Kewiraausahaan, Vol 14, No 1 : 64-71. Ardhana, Oldy, 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan Bengkel Caesar)”. Semarang : Universitas Diponegoro.
Dinawan, R, 2010. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian”. Semarang : Universitas Diponegoro.
Farisa, Diana, 2010. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan GSM Indosat di Kota Semarang”. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Gasperz, V, 2011. “Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam, 2012. “Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program SPSS”. Cetakan Keempat. Jakarta : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harjanto, Ryan Nur, 2010. “Analisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Restoran Mamamia Cabang Mrican)”. Jember : Universitas Negeri Jember.
Kotler , P, dan G. Amstrong, 2011.”Dasar-Dasar Pemasaran (Prinsip Pemasaran) Jilid 2”.Jakarta : Erlangga.
Kotler , dan Keller, 2010.“Marketing Management Edisi 14”. Global Edition. Pearson Prentice Hall.
Kotler , dan Keller, 2012. “Manajemen Pemasaran Edisi 13”. Jakarta : Erlangga.
Kotler , dan Keller, 2011. “Manajemen Pemasaran Edisi 13”. Jakarta : Indeks.
Lamb,C.W, Hair , dan C McDaniel, 2010. “Pemasaran”.Terj.David Octarevia. Jakarta : Salemba Eripat.
Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta : Erlangga.
Mc Carthy, and Perreault, 2010. “Basic Marketing : A marketing Strategy Planning Approach 19 Edition”. New York : McGraw-Hill.
Mullins, Walker, Boyd, 2011. “Marketing Management : A Strategic Decision-Making Apprach”. New York : McGraw Hill.
Rostya, Albertus Ferry, 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari)”. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono, 2010.“Metode Penelitian Bisnis”. Bandung : CV Alfabeta. Swasta, B , dan H.T, Handoko, 2008.“Manajemen Pemasaran”.Yogyakarta : BPFE.
Tjiptono, Fandy, 2011. “Pemasaran Jasa Edisi Pertama”. Jawa timur : Bayumedia Publishing.
Tjiptono, Fandy, 2012. “Strategi Pemasaran Edisi 3”. Jakarta : Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy , dan G. Chandra, 2010.“Service, Quality, & Satisfaction”. Jakarta : Penerbit Andi.
Wardani, Evriana, 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan Kedai Digital 23 Semarang)”. Semarang : Universitas Diponegoro.
Widoyoko, 2012. “Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian”. Jakarta : Pustaka Pelajar.
Windoyo, Riky Febri, 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Konsumen (Studi Kasus Waroeng Steak and Shake)”. Semarang : Universitas Diponegoro.
Zeithaml, Valarie A, Mary Jo Bitner dan Dwayne D. Gremler, 2010. “Services Marketing – Integrating Cust