PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KATANA GLOBAL TECHNIKA
Kata Kunci:
Product Quality, Price, Customer Satisfaction, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan PelangganAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahu apakah kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Katana Global Technika. Sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Pada penelitian kali ini analisis data yang dilakukan menggunakan bantuan SPSS versi 16. Sedangkan teknik pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi parsial, koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji t dan f). Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial dapat diketahui nilai pengaruh variable kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan masing – masing sebesar 0,852 dan 0,907. Sedangkan hasil analisis korelasi berganda memperlihatkan hasil nilai dariR2 (R Square) = 0,887 atau 88,7%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) dan harga (X2) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) PT. Katana Global Technika dengan nilai pengaruh sebesar 88,7%, sedangkan sisanya sebesar 11,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan.
ABSTRACT
This study aims to analyze and find out whether product quality and price to customer satisfaction on PT. Katana Global Technika. The sample used by the writer in this study was 100 respondents and sampling used the quota sampling technique. In this study, the data analysis was carried out using SPSS version 16. While the data testing techniques carried out in this study were validity, reliability, normality, partial correlation, determination coefficient, multiple linear regression, and hypothesis testing (test t and f). Based on the results of the partial correlation analysis, it can be seen that the effect of the variable product quality and price to customer satisfaction is 0.852 and 0.907, respectively. While the results of multiple correlation analysis show the results of the value of R2 (R Square) = 0.887 or 88.7%. It shows that product quality (X1) and price (X2) simultaneously have a significant berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) PT. Katana Global Technika. with has the influence value of 88.7%, while the remaining 11.3% is influenced byother factors that not examined by the writer.
Keywords : Product Quality, Price, Customer Satisfaction.
Referensi
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.
Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Fuad. M. et al. 2009. Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Gerson, Richard F. 2017. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multi variate dengan IBM SPSS.
Semarang: UniversitasDiponegoro
Kotler,Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. . 2016.Marketing Managemen. 15thedition. Pearson Education,inc. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary, Armstrong. 2012. Prinsip-PrinsipPemasaran. Edisi
Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary, Amstrong. Sabran Bob (Penterjemah) 2012.
Marketing Management, Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.
Lufiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Molan, Benyamin (Penterjemah). 2009. Panduan Perencanaan
Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Nisfiannoor, Muhammad. 2008. Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu
Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.
Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan MultiVariate dengan
SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Ramli, Samsul. 2013. Bacaan wajib swakelola Pengadaan Barang/Jasa pemerintah. Jakarta: Visi Media.
Riduwan. 2014. Metode penelitian. Jakrata: Erlangga.Rusydi, Mhd. 2017. Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Saladin Djaslim dan Herry Achmad Buchory. 2011. Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. . 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Edisi keempat Bandung: Alfabeta. R&D.
Cetakan ke-14. Bandung: Alfabeta. . 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Edisi keempat Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2012. Metode penelitian: Lengkap, Praktis dan
Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono,Fandy. 2017. Service Management (Mewujudkan Layanan
Prima). Edisi 3.Yogyakarta: Andi.
Yamit, Zulian. 2018. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Yogyakarta: Ekonis