PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KATANA GLOBAL TECHNIKA

Authors

  • TONI SUHARA, S.E., M.M Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Ppi Tangerang

Keywords:

Product Quality, Price, Customer Satisfaction, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahu apakah kualitas  produk  dan  harga  terhadap  kepuasan  pelanggan  pada  PT. Katana Global Technika. Sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini  sebanyak  100  responden  dan  pengambilan  sampel  menggunakan teknik quota sampling. Pada penelitian kali ini analisis data yang dilakukan menggunakan bantuan SPSS versi 16. Sedangkan teknik pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi parsial, koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji t dan f). Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial dapat diketahui nilai pengaruh variable kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan masing – masing sebesar 0,852 dan 0,907. Sedangkan hasil analisis korelasi berganda memperlihatkan hasil nilai dariR2  (R Square) = 0,887 atau 88,7%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk  (X1)  dan  harga   (X2)  secara   simultan  berpengaruh   secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) PT. Katana Global Technika dengan nilai pengaruh sebesar 88,7%, sedangkan sisanya sebesar 11,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan.

 

ABSTRACT

This study aims to analyze and find out whether product quality and price to customer satisfaction on PT. Katana Global Technika. The sample used by the writer in this study was 100 respondents and sampling used the quota sampling technique. In this study, the data analysis was carried out using SPSS version 16. While the data testing techniques carried out in this study were validity, reliability, normality, partial correlation, determination coefficient, multiple linear regression, and hypothesis testing (test t and f). Based on the results of the partial correlation analysis, it can be seen that the effect of the variable product quality and price to customer satisfaction is 0.852 and 0.907, respectively. While the results of multiple correlation analysis show the results of the value of R2  (R Square) = 0.887 or 88.7%. It shows that product quality (X1) and price (X2) simultaneously have a significant berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) PT. Katana Global Technika. with has the influence value of 88.7%, while the remaining 11.3% is influenced byother factors that not examined by the writer.

Keywords : Product Quality, Price, Customer Satisfaction.

References

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.

Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Fuad. M. et al. 2009. Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Gerson, Richard F. 2017. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multi variate dengan IBM SPSS.

Semarang: UniversitasDiponegoro

Kotler,Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. . 2016.Marketing Managemen. 15thedition. Pearson Education,inc. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary, Armstrong. 2012. Prinsip-PrinsipPemasaran. Edisi

Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary, Amstrong. Sabran Bob (Penterjemah) 2012.

Marketing Management, Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Lufiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Molan, Benyamin (Penterjemah). 2009. Panduan Perencanaan

Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Nisfiannoor, Muhammad. 2008. Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu

Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan MultiVariate dengan

SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Ramli, Samsul. 2013. Bacaan wajib swakelola Pengadaan Barang/Jasa pemerintah. Jakarta: Visi Media.

Riduwan. 2014. Metode penelitian. Jakrata: Erlangga.Rusydi, Mhd. 2017. Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Saladin Djaslim dan Herry Achmad Buchory. 2011. Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. . 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Edisi keempat Bandung: Alfabeta. R&D.

Cetakan ke-14. Bandung: Alfabeta. . 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Edisi keempat Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2012. Metode penelitian: Lengkap, Praktis dan

Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono,Fandy. 2017. Service Management (Mewujudkan Layanan

Prima). Edisi 3.Yogyakarta: Andi.

Yamit, Zulian. 2018. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Yogyakarta: Ekonis

Additional Files

Published

2020-04-29

Issue

Section

Artikel