PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN SEAFOOD LAMPU MERAH CITRA RAYA TANGERANG

Penulis

  • FAYE MAYA DEWI, S.E, .M.M. Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Ppi Tangerang

Kata Kunci:

price, service quality, customer satisfaction, harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Abstrak

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari struktur modal, ukuran Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Seafood Lampu Merah Citra Raya Tangerang. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif dan dengan cara penyebaran kuesioner yang diisi oleh 100 responden sebagai instrumen penelitian, adapun sumber data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobality sampling. Selain itu dalam pengambilan sebuah data penulis juga menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial dapat diketahui nilai pengaruh korelasi variable harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen masing-masing sebesar 0,243 dan 0,615. Sedangkan hasil analisis korelasi berganda memperlihatkan hasil nilai R2 (R Square) = 0,698 atau 69,8%. Hal ini menunjukan bahwa harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Rumah Makan Seafood Lampu Merah Citra Raya Tangerang dengan nilai Adjust R Square sebesar 0,692 atau 69,2% sedangkan sisanya 30,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam skripsi ini.

Kata kunci : harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen.

 

ABSTRACT

This study serves to see the effect of price and service quality on customer satisfaction at the Red Light Seafood Restaurant Citra Raya Tangerang. This research is a descriptive type of research with a quantitative approach method and by distributing questionnaires filled in by 100 respondents as a research instrument, while the data sources used are primary data and secondary data. The sampling technique used in this study is nonprobality sampling. In addition, in taking a data the writer also uses validity test, reliability test, normality test and hypothesis test. Based on the results of the partial analysis, it can be seen that the value of the price and service quality variables on customer satisfaction is 0.243 and 0.615, respectively. While the results of multiple analysis of the image value R2 (R Square) = 0.698 or 69.8%. This shows that price (X1) and service quality (X2) simultaneously have a significant effect on customer satisfaction (Y) at the Red Light Seafood Restaurant Citra Raya Tangerang with an Adjust R Square value of 0.692 or 69.2% while the remaining 30, 8% revealed by other factors not discussed in this thesis.

Keywords: price, service quality, customer satisfaction.

Referensi

Abdurrahman, N. H., 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: CV Pustaka Setia.

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung : CV Alfabeta.

Arikunto, Suharismi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. 2014. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fandy, Tjiptono. 2016. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Peneltian Manajemen. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Garvin, David. A. 2016. Alih Bahasa Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multiraviate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Universitas Diponegoro.

. 2013. Aplikasi Analisis Multiraviate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.

. 2016. Aplikasi Analisis Multiraviate Dengan Program edisi 8. Semarang: BPFE.

Indriantoro, Nur dan Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta. BPFE.

Kotler dan Keller dan Amstrong (2014) dalam jurnal Greg Joel, James D.D Massie, dan Jantje L. Sepang (2014)

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 15. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., and Kevin Lane Keller. 2015. Manajemen Pemasaran (jilid 1), Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Jakarta: Erlangga.

Lod, xS. x& xTessa, xH. x(2020). xThe xEffect xof xTrust-Worthiness, xExpertness, xSimilarity, xand xAttractiveness xon xBrand xAttitude xand xAttitude xtowards xAdvertisements xas xMediation xVariables xin xBrand xX. xRJOAS, xVol. x10, xNo. x106.

Moh Nazir, 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nisfianoor, Muhammad. 2011. Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Riley, Debra et all. 2015. The impact of brand image fit on attitude towards a brand alliance. Management & Marketing. Challenge for The Knowledge Society. Vol.10 No.4 pp.270-283.

Rizky, M. F., & Yasin, H. (2014). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14 (02)

Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Salemba Empat. Jakarta.

Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Edisi keempat Bandung: CV. Alfabeta.

. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 23. Bandung: CV. Alfabeta

. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 1. Bandung: CV. Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

File Tambahan

Diterbitkan

25-04-2021

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama