PENGARUH GRATIS ONGKOS KIRIM DAN DISKON TERHADAP MINAT BELI BARANG ONLINE DI SHOPEE PADA MAHASISWA STIE PPI JURUSAN MANAJEMEN TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Authors

  • Ischak P. Lumbantobing, S.Si., M.Si. STIE Putra Perdana Indonesia
  • Cindy Oktavia Manullang STIE Putra Perdana Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Gratis Ongkos Kirim dan Diskon Terhadap Minat Beli Barang Online di Shopee. Sampel dalam penelitian ini merupakan bagian dari populasi atau keseluruhan Mahasiswa STIE PPI Jurusan Manajemen Tahun Akademin 2019/2020 yang menggunakan Shopee. Sampel yang digunakan sebanyak 65 responden. Pada penelitian ini analisis data menggunakan bantuan program Statistical Package for Social Sciencess (SPSS) versi 25. adapun tehnik pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilias, uji normalitas, uji analisis korelasi parsial, koefisien determinasi, uji analisis regresi berganda, dan uji hipotesis (uji T dan uji F). Dari hasil uji T untuk variabel Gratis Ongkos Kirim (X1) diperoleh thitung = 3,159 > ttabel = 1,669 dan nilai signifikan (p) = 0,002 < 0.05 maka terdapat pengaruh signifikan dari Gratis Ongkos Kirim (X1) terhadap minat beli (Y), sedangkan untuk variabel diskon (X2) di peroleh thitung = 5,938 > ttabel = 1,699 dan nilai signifikan (p) = 0,000 < 0.05 maka terdapat pengaruh signifikan dari Diskon (X2) terhadap Minat Beli (Y). Adapun uji F untuk variabel Gratis Ongkos Kirim (X1) dan Diskon (X2) diperoleh Fhitung = 47,987 > Ftabel = 3,15 dan nilai signifikan (p) = 0,000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Gratis Ongkos Kirim (X1) dan Diskon (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Minat Beli (Y).

 

Additional Files

Published

2023-11-24

Issue

Section

Artikel