PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN BENGKEL AUTO 2000 CIKUPA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • TONI SUHARA, S.E., M.M Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Ppi Tangerang

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

ABSTRACT

Human activities in their current activities will never be separated from supporting facilities such as automotive vehicles, every vehicle, especially the car used, must be in a proper condition, in terms of vehicle maintenance, of course, automotive workshops, especially the 2000 auto repair shop, need to pay attention to price, and The quality of service that can have an impact on customer satisfaction. From this the authors make this study with the aim to determine whether there is an effect of price and service quality auto repair shop 2000 Cikupa on customer satisfaction.

This study the authors use a library research method approach, while the data sources used are primary and secondary data, as well as the existing data at the Cikupa 2000 auto workshop where the data will be analyzed using the descriptive analysis method.

Based on the analysis of the data used and after the test, the author's conclusion, price and service quality at Auto 2000 Cikupa workshop, have an influence on customer satisfaction.

Keywords: Price, Service Quality, Customer Satisfaction

 

ABSTRAKSI

Kegiatan manusia dalam beraktivitas saat ini, tidak akan pernah lepas dari sarana penunjang seperti kendaraan otomotif, setiap kendaraan khususnya mobil yang digunakan harus dalam keadaan layak, dalam hal perawatan kendaraan, tentunya bengkel-bengkel otomotif khususnya bengkel auto 2000, perlu memperhatikan soal harga, dan kualitas pelayanan yang bisa berdampak pada kepuasan konsumen, Dari hal tersebut penulis membuat penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga dan kualitas pelayanan bengkel auto 2000 Cikupa terhadap kepuasan konsumen.

Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode penelitian kepustakaan, adapun sumber data yang digunakan adalah data-data Primer dan sekunder, serta data-data yang ada dibengkel auto 2000 Cikupa yang mana data-data akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis.

Berdasarkan analisa data yang digunakan dan setelah dilakuakn uji, maka kesimpulan penulis, harga dan kualitas pelayanan di bengkel Auto 2000 Cikupa, memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Kata kunci : Harga,Kualitas Pelayanan,Kepuasan Konsumen

References

Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ari, Jusuf & Effendi. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Daryanto dan Setyobudi Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gava Media.

Fadil, Zaki dan Priyo, Utama. 2015. Teknik Marketing itu Mudah Perencanaan Marketing Strategis Untuk Mengurus Bisnis. Yogyakarta: Second Hope.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

____________. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (edisi 8). Cetakan ke VII. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro.

____________. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Hasibuan, Malayu. S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandar, Muhammad. 2014. Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: Deepublish.

Kotler. Philip dan Gary Armstrong. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.

___________________________. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

___________________________. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

___________________________. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 15. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Edisi 13. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

_____________________________. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

_____________________________. 2016. Marketing Management, 15thEdition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc..

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran jasa, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Mowen, John C dan Minor, Micheal. 2012. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.

Nazir. Mohammad. 2011. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nirwana. 2012. Pemasaran Jasa. Jakarta: Alta.

Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Riadi, Edi. 2015. Metode Statistika Parametrik dan Non Parametrik. Tangerang: PT Mustika Ratu.

Samsul, Ramli. 2013. Bacaan Waib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta: Visi Media.

Sinambela. at al. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa : Yohanes Lamarto. Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran: Teori dan implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

_______. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

_______. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

_____________. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

_____________. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip,Penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

_____________. 2019. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan penelitian, Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2015. Pelanggan Puas ? Tak Cukup. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

___________________________________. 2015. Service, Quality, & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

___________________________________. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Zulian, Yamit. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa, Vol. Edisi Pertama. Yogyakarta: EKONISIA.

Additional Files

Published

2020-11-25

Issue

Section

Artikel