PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE PADA MAHASISWA/I SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI Ppi CITRA RAYA TANGERANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh signifikan Kualitas Produk, Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra perdana Indonesia Citra Raya, Tangerang. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai instrument penelitian. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Adapun data primer diperoleh penulis dengan menyebarkan kuisioner kepada responden., dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi parsial, uji regresi berganda, dan uji hipotesis (uji T dan uji F). Berdasarkan hasil pengolahan data dengan SPSS versi 23 pada uji F diperoleh Fhitung sebesar (40.088 > 3.09) diketahui bahwa kualitas produk dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa/I Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Putra perdana Indonesia Citra Raya, Tangerang. Berdasarkan uji T, kualitas produk (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa/I Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Putra perdana Indonesia Citra Raya, Tangerang dengan nilai Thitung 5.515 dan nilai signifikansi 0.000. berdasarkan citra merek (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai Thitung 4.927dan signifikansi 0.000.
ABSTRACT
This study aims to determine whether there is a significant effect of product quality, brand image on purchasing decisions among students of the Putra Perdana Indonesia High School of Economics, Citra Raya, Tangerang. This study used 100 respondents as a research instrument. The types of data in this study are primary and secondary data. The primary data is obtained by the author by distributing questionnaires to respondents, by conducting validity and reliability tests, normality tests, partial correlation tests, multiple regression tests, and hypothesis testing (T test and F test). Based on the results of data processing with SPSS version 23 in the F test, it is found that the Fcount is (40.088> 3.09), it is known that the product quality and brand image simultaneously have an effect on purchasing decisions of students at the Putra Perdana Indonesia School of Economics, Citra Raya, Tangerang. Based on the T test, the quality of the product (X1) has a significant effect on purchasing decisions for students of the Putra Perdana Indonesia School of Economics at Citra Raya, Tangerang with a t-count value of 5.515 and a significance value of 0.000. based on brand image (X2) has a significant effect on employee performance with a value of tcount 4,927 and a significance of 0.000
References
Arumsari. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek aqua, Program Studi Manajemen Program Sarjana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogtakarta.
Agus Sriyanto. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur Jakarta.
Boyd, et.al. 2009. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategi dengan Orientasi Global: Thomas
Faisal, Rahmatullah (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Spacy pada PD. Mawar Putra Motor Sumedang. Fakultas Ekonomi UNPAS.
Ghozali, Imam. 2016, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Cetakan ke-8. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hayat, Arfa Nur Rahman. (2015). Pengaruh Lokasi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Didtro Uoval Research di Buah Batu Bandung. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNIKOM. Bandung.
Kotler, Philip,Gerry Amstrong, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi kedua belas. Jilid 1, Penerbit Erlangga: Jakarta.
Prof. Dr. Sofjan Assauri, MBA , Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT raja Grafindo Persada, 2015 h. 214
Prabowo, Indra Jaya Krisna Gede. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk,
Schiffman, L.G. dan Kanuk, Lesley L., 2010 dalam Sumarwan, Ujang (2012). Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia: Bogor.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Widiatmoko, Galih.( 2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone .Studi Kasus Mahasiswa Fisip Undip.Jurnal Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.