ANALISA BIAYA PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PT SARINA (Persero)
Keywords:
Biaya Promosi, Volume PenjualanAbstract
Abstraksi
Salah satu upaya dalam meningkatkan penjualan di PT. Sarinah (Persero) dengan melakukan usaha-usaha kegiatan promosi yang perlu. Kegiatan promosi penjualan merupakan salah satu strategi perusahaan dalam meningkatkan pangsa pasar,yang pada akhirnya akan berpengaruh pada tingkat penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan promosi penjualan diĀ PT. Sarinah (Persero) dalam usahanya untuk meningkatkan penjualan, yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel pronmosi penjualan dan variabel penjualan. Indikator penelitian yang digunakan adalah strategi promosi dengan sub indikator sarana/prasarana promosi, biaya promosi dan indikator lainya seperti respon konsumen yang merupakan variabel bebas, sedangkan indikator perkembangan penjualan sebagai indikator dari variabel terikat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode penelitian korelasi dan metode penelitian kualitatif dengan analisis pendekatan diskriptif. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada Bagian Promosi di PT. Sarinah (Persero)ang berjumlah 18 orang dan wawancara terhadap Manager dan Ass. Manager Promosi selaku pimpinan di Bagian Promosi PT. Sarinah (Persero) yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan promosi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis biaya promosi dalam meningkatkan penjualan di PT. Sarinah (Persero) secara keseluruan dinilai cukup baik karena telah sesuai dengan teori yang relevan dan didukung pula oleh hasil tanggapan responden. Dengan rincian untuk indikator setrategi promosi termasuk dalam katagori cukup baik (69,64%), indikator respon konsumen terhadap promosi termasuk dalam katagori cukup baik (67,22%), serta indikator perkembangan penjualan termasuk dalam kategori baik (76,39).
Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,66, ini menunjukan bahwa hubungan antara kenaikan biaya promosi dengan kenaikan hasil penjualan kuat dan positif, yaitu artinya kenaikan biaya promosi pada umumnya menaikkan hasil penjualan di PT. Sarianh (Persero) karena r = 0,66 mendekati 1.
Kata Kunci : Biaya Promosi, Volume Penjualan
References
Ali, Hasyim (penyunting). 1995. Strategi Promosi Pemasaran, , PT. Renika Cipta, Edisi ketiga,Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek, , PT. Reneka Cipta, Edisi revisi keempat, Jakarta.
Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran, Andi, Edisi pertama, Yogyakarta.
Dajan, Anto, 1989. Pengatar Metode Statistik Jilid I, LP3ES, Edisi kesebelas ,Jakarta.
Gitosudarmo, Indro, 2000. Manajemen Pemasaran, BPFE, Edisi pertama, Yogyakarta.
Hutauruk, Gunawan,1985. Basic Marketing of Manajerial Approach, Ghalia, Edisi pertama, Jakarta.
Jefkins, Frank, 1997. Periklanan, Erlangga, Edisi ketiga ,Jakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gari,1996. Dasar-dasar Pemasaran (Principles of Marketing), CV. Intermedia, Edisi pertama, Jakarta.
Kotler, Philip, 2004. Marketing Insights From A to Z : 80 Konsep Yang Harus Dipahami Oleh Setiap Manajer, Erlangga, Edisi pertama, Jakarta.
Kountur, Ronny, 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, , PPM ,Edisi pertama, Jakarta.
Molan, Benyamin, 2002. Glosarium Prentice Hall, : Manajemen dan Pemasaran, PT: Prenhallindo, Edisi Pertama, Jakarta.
Muhadjir, Neong,1996. Metodologi Peneletian Kualitatais, Rake Sariasin, Edisi ketiga, Yogyakarta.
Nasution. S, 2000. Metodologi, Rserrch (Peneliian) Kualitatif, Bukmi Aksara, Edisi Ketiga ,Yogyakarta.
Nawawi, Hadari, 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Rewoldt, Stewrt. H, Scott, James. D, dan Washa, Martin. R, 1995. Introduction to Marketing Management, Edisi ketiga, Illinolis, Hornewood.
Sadeli, lili. M dan Ukas, Maman, 2000. Pengantar Bisnis Ilmu Menjual, PT. Bumi Aksara, Edisi pertama, Jakarta.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah, 2006. Pedoman Penulisan Skripsi, STIEM, Edisi kedua, Tangerang.
Sudjana, 1996. Metode Statistika, Tarsido, Edisi keenam, Bandung.
Swasta DH, Basu dan Irawan, 1990. Menejemen Pemasaran Modern, Liberty.,Edisi kelima, Yogyakarta.