EVALUASI PERBANDINGAN VOLUME PRODUKSI DAN PENJUALAN SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN ISO 9001 PADA PT HI-LEX PARTS INDONESIA

Penulis

  • H. JUANDA ,S.E., S.H., M.M. Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Ppi Tangerang

Kata Kunci:

Volumen Produksi, Penjualan, International Standard for Organization (ISO) 9001

Abstrak

Abstrak

Penyebab besarnya perbandingan sebelum penerapan manajemen sistem mutu international standard for organization (ISO) 9001 : 2000 adalah pada bagian ordering, pembelian bahan baku quantity untuk rata – rata pemakaian 2 sampai 2,5 bulan dan tidak ada sistem yang menjamin penerimaan barang. Pada bagian produksi, time proses belum terukur semua dan sistem pengecekan belum ada check sheet record, serta pengiriman keseksi lain tidak terdata. Pada bagian quality control (QC), adanya klaim atau keluhan pelanggan yang masih tinggi. Pada bagian delivery banyak pengiriman yang masih tidak tepat waktu.

Penyebab besarnya perbandingan sesudah penerapan manajemen sistem mutu (international standard for organization (ISO) 9001 : 2000) adalah pada bagian ordering, pembelian bahan baku quantity untuk rata – rata pemakaian maximal 1,5 bulan, dan evaluasi serta bimbingan pemasok dilaksanakan. Pada bagian produksi, dibuatnya time proses, sistem pengecekan proses, dan pengiriman ke seksi lain ada surat jalan. Pada bagian quality control (QC) klaim atau keluhan pelanggan berkurang. Pada bagian delivery, pengiriman menjadi tepat waktu karena proses-proses sebelumnya diatur sudah diatur dengan baik.

Kata kunci : Volumen Produksi ; Penjualan ; International Standard for Organization (ISO) 9001

Referensi

Adi, Prayogo. 1992. Pengantar Manajemen Operasional I. Persada Sakti, semarang

Adisaputro, Gunawan. dkk. 1990. Anggaran Perusahaan. BPFE, Yogyakarta :

Assauri, Sofyan. 1999.Manajemen Produksi dan Operasi. CV. Karya, Jakarta.

Chatab, Nevizond. 1997. Mendokumentasikan Sistem Mutu ISO. Andi, Yogyakarta.

Gaspersz, Vincent. 2004. Total Quality Manajement.

H. Hadiwiyardjo, Bambang. Dkk. 2000. ISO 9000 (Sistem Manajemen Mutu). Yudistira

Hani, T., Handoko. 1997. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. BPFE, Yogyakarta.

Hendra, A. 1991. Manajemen Operasional, (Proses Produksi Dasar). Andromeda, Bandung.

Herlina. 2001. Pengantar Bisnis (Dasar – Dasar Berbisnis). Sekar, Surabaya :

Michaelson, A. 2004.Gerald, Sun Tzu (Strategi Untuk Penjualan). Batam Centre Karisma Publishing Group, Batam.

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Control). Ghalia, Indonesia.

Nazir, Moh. 1998. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta

Render, Barry. dkk. 2001.Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi. Salemba 4, Jakarta.

Sudaryono, A. 1998. Dasar – Dasar Bisnis. Cahaya, Jakarta.

Swastha, Basu, DH. 1995. Pengantar Bisnis Modern, (Pengantar ekonomi Perusahaan Modern). Liberty, Yogyakarta.

Tumiwa, Alfrits B. 2006. Total Quality Manajement LPFE USAKTI, Jakarta Barat.

Zidan, M. 2001. Kegiatan Produksi Oleh Perusahaan Industri Dan Jasa. Cipta Mandiri, Lampung.

File Tambahan

Diterbitkan

24-01-2023

Terbitan

Bagian

Artikel