ANALISA PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA STIE PUTRA PERDANA INDONESIA – TANGERANG
Kata Kunci:
Proses Belajar Mengajar, Kualitas Pelayanan Akademik dan kepuasan MahasiswaAbstrak
ABSTRACT
This research is influenced by the problems that often appear on the teaching and learning process and the quality of the academic services student felt to customer satisfaction student during a student in STIE PPI Tangerang. The purpose of this research is to know how much influence the teaching and learning process and the quality of the academic services to customer satisfaction students on the STIE Prince Prime Indonesia Tangerang.
This research uses quantitative research and the number of samples obtained as much as 46 respondents using incidental sampling method. As independent variables the teaching and learning process and the quality of the academic services, while the dependent variable is the level of satisfaction students. The Data were analyzed using Multiple Linear regression analysis formula, Correlation Analysis Test, T-test test, F-test and test the determination Coefficient (R2) with the help of software Pt SPSS for windows.
The results of the study showed that the teaching and learning process is not a significant influence on student satisfaction, while the quality of academic services significant effect of student satisfaction on the STIE PPI Tangerang. The teaching and learning process variable regression coefficient marked negative (-) indicate the relationship that is not the direction, in other words the teaching and learning process is not necessarily increase student satisfaction. However, academic services quality variable regression coefficient marked positive (+) indicate the direction of the relationship with other words the quality of academic services will increase student satisfaction on the STIE Prince Prime Indonesia Tangerang. A correlation or relationship between the teaching and learning process and the quality of the academic services to customer satisfaction students on the STIE PPI Tangerang low that only produce (R = 0,284) and drag coefficient Determination or R Square was 0.38.
Keywords : the process of teaching and learning and service quality academic and student satisfaction.
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering muncul terhadap proses belajar mengajar dan kualitas pelayanan akademik yang dirasakan mahasiswa terhadap kepuasan mahasiswa selama menjadi mahasiswa di STIE PPI Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh proses belajar mengajar dan kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pada STIE Putera Perdana Indonesia Tangerang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 46 responden dengan menggunakan metode sampling insidental. Sebagai variabel independen proses belajar mengajar dan kualitas pelayanan akademik, sedangkan variabel dependen adalah tingkat kepuasan mahasiswa. Data yang dianalisis menggunakan rumus Analisa Regresi Linear Berganda, Analisa Korelasi, Uji T-test, Uji F-test, serta Uji Koefisien Determinasi (R2) dengan bantuan software SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan kualitas pelayanan akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada STIE PPI Tangerang. Variabel proses belajar mengajar koefisien regresi bertanda negatif (-) menandakan hubungan yang tidak searah, dengan kata lain proses belajar mengajar belum tentu meningkatkan kepuasan mahasiswa. Akan tetapi, variabel kualitas pelayanan akademik koefisien regresi bertanda positif (+) menandakan hubungan yang searah dengan kata lain kualitas pelayanan akademik akan meningkatkan kepuasan mahasiswa pada STIE Putera Perdana Indonesia Tangerang. Korelasi atau hubungan antara proses belajar mengajar dan kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pada STIE PPI Tangerang rendah yang hanya menghasilkan (r = 0,284) dan Koefisien Determinasi atau R Square adalah sebesar 0,38.
Kata Kunci : Proses Belajar Mengajar, Kualitas Pelayanan Akademik dan kepuasan Mahasiswa.
Referensi
Slameto. (1991). Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester SKS. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka
Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
George R. Terry. (2000). Prinsip-Prinsip Manajemen. (edisi bahasa Indonesia). PT. Bumi Aksara: Bandung
Kotler Philip dkk, (2012), Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta
Abu Ahmadi, dan Widodo Supriyono. (2001). Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta
Dessler, Gary. (2009). Manajemen SDM buku 1 dan 2. Jakarta: Indeks
Faisal Amir., Dr. (2016). Manajemen Kinerja Perguruan Tinggi, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Muliawan. (2014). Jasa Ungguh., Metodologi Penelitian Pendidikan, Cetakan ke-1, Gava Media
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penleitian. Bandung: Alfabeta
Ismanto., Setyabudi., Drs. (2015). Panduan Praktis Penelitian Ilmiah., Gava Media
Sugiyono., Prof., Drs. (2013). Metode Penelitian Bisnis ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)., Bandung: Alfabeta
Getut Pramesti. (2014). Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Widiyanto, Joko. (2012). SPSS For Windows. Surakarta: Badan Penerbit- FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta
Suryabrata, Sumardi. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada