PENGARUH KUALITAS DAN FASILITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KUTRUK KECAMATAN JAMBE KABUPATEN TANGERANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui Pengaruh Kualitas Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kutruk Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan alat bantu program SPSS statistik 25 for windows. Adapun teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji normalitas, analisis korelasi parsial, koefisien determinasi (R2), analisis regresi berganda, uji hipotesis (uji statistik parsial dan uji statistic simultan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji statistik parsial (Uji t) yaitu Nilai t hitung < Nilai t tabel 7,079 > 1,655 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa variabel kualitas memiliki pengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Adapun nilai pengaruhnya dapat dilihat dari standarized coeffiecient beta 0,506 atau 50,6%. Dan hasil uji statistic parsial (Uji t) yaitu nilai t hitung > nilai t tabel 5,751 > 1,655 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa variabel fasilitas pelayanan terhadap memiliki pengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Adapun nilai pengaruhnya dapat dilihat dari standarized coeffiecient beta 0,411 atau 41,1%.Serta hasil uji statistik simultan (Uji F) yaitu Nilai F hitung < Nilai F tabel sebesar 218,401 < 1,90 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 > 0,05.